Membangun Totalitas dan Suasana Kondusif di Sekolah

Membangun Totalitas dan suasana kondusif di SD

Sekolah sudah selayaknya menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi warga sekolah. Pernyataan ini adalah benar adanya, karena dengan hadirnya rasa aman dan hadirnya rasa nyaman barulah motivasi tinggi serta kreativitas akan terstimulasi dengan baik.

Ketiadaan rasa was-was atau rasa gelisah/ketakutan dalam diri siswa akan dapat berdampak positif bagi diri siswa, begitu juga dengan hadirnya rasa nyaman yang akan memupuk motivasi dan kecintaan siswa terhadap sekolah. 

Dengan kata lain perasaan cinta dan perasaan memilik terhadap sekolah lah yang pada akhirnya akan mengkatalis  keaktfian serta memancing kreativitas siswa dalam pembelajaran.

Cinta Seperti Apa yang dimaksud?

Cinta yang dimaksudkan disini adalah kecintaan terhadap pekerjaan/situasi/status diri dalam lingkup warga sekolah. sudah barang tentu kalau kita suka atau cinta dengan sesuatu kita akan menjaganya dengan baik, tampil selalu baik saat bertemu, dan selalu bisa membanggakan dari apa yang kita cintai. Hal seperti ini lah yang dimaksudkan cinta dalam bahasan kita kali ini.

Bagaimana cara termudah untuk menumbuhkan kecintaan terhadap sekolah?

Yappp...... untuk itulah kami mengulas materi ini, agar kita bisa mulai berbenah dalam upaya menjadikan sekolah sebagai little paradise bagi warga sekolah.  lalu banyak timbul pertanyaan di benak kita tentang  cara membangun sekolah yang kondusif, diantaranya;

Apakah kualifikasi guru menjadi modal penting dalam hal membangun suasana kondusif?
Jawabnya adalah TIDAK, karena yang utama adalah kemauan dari dalam diri masing-masing individu. jadi tidak harus dimulai dari warga sekolah yang punya kualifikasi pendidikan yang tinggi.

Apakah bisa serta-merta?
Mie instan saja harus di masak dulu baru bisa dimakan, apalagi mengkondisikan sekolah. jadi perlu waktu yang cukup lama dan harus bertahap

banyak tantangan?
Sangat banyak, bida jadi tantangan datang dari luar dan dari dalam sekolah itu sendiri. untuk yang dari luar misalnya; kondisi disekitar lingkungan sekolah yang kurang ramah terhadap anak. 

sedangkan untuk tantangan dari dalam diantaranya; fasilitas yang  belum terstandar, siswa dengan "kebutuhan khusus" (siswa agak nakal, dll), dan rekan kerja disekolah yang bisa jadi lebih suka dengan kondisi mencekam dan gerah dilingkungan sekolah.

Jadi apa saja hal-hal kecil yang bisa kita lakukan yang nantinya dapat berimplikasi pada kecintaan terhadap sekolah?

Banyak sekali hal-hal yang dapat dilakukan yang akan memberikan dampak positif dalam upaya membangun Totalitas dan Suasana Kondusif di sekolah diantaranya adalah

  1. Niat yang tulus dari dalam hati kita
  2. menjadi role model bagi siswa
  3. melibatkan siswa hal sekecil apapun
  1. memupuk kebersamaan melalui bekerja sama 
  2. memberikan kepercayaan penuh kepada seluruh siswa dengan cara mendengarkan aspirasi mereka
  3. mengkondisikan sekolah agar rapi, bersih, dan indah
sekarang kita bahas satu persatu mulai dari point pertama, niat yang tulus merupakan pangkal dari segala upaya diatas karena tanpa niat yang tulus maka semua hanya akan menjadi mimpi. 


ilustrasi diatas merupakan situsi sebelum kita memutuskan untuk meneruskan langka-langkah diatas. seumanya akan terlihat tidak mungkin sebelum kita maju kedepan dan terus berjuang. disini artinya kemantapan niat kita akan diuji saat akan mulai berusaha.


setelah niat kita mantapkan maka kita wajib menjadi contoh bagi siswa dan warga sekolah. tunjukan kinerja dan kecintaan kita terhadap sekolah, dengan cara bekerja dengan dedikasi kerja yang tinggi serta berusaha mengeluarkan semua kemampuan yang kita miliki sebagai wujud kecintaan kita terhadap sekolah


selanjutnya adalah melibatkan siswa dalam hal apapun yang kita kerjakan dalam upaya membenahi sekolah, dalam hal ini kami mengajak siswa untuk bercocok tanam tanpa tanah dengan metode sederhana dan setiap siswa kami libatkan untuk menanam, merawat, sampai dengan masa panen dari tanaman tersebut sehingga mereka merasa memiliki dan merasakan suka-duka dalam suatu usaha.

Kemudian yang tak kalah penting adalah membiasakan seluruh warga sekolah untuk turut andil dalam upaya memajukan sekolah, misalnya dalam upaya perencanaan dalam suatu kegiatan yang akan dilakukan sekolah, dalam menjaga kerbersihan lingkungan sekolah, dan dalam upaya pengkondisian lingkungan sekolah.


Setiap warga sekolah tentu memiliki potesi yang besar dalam diri mereka untuk menjadi seorang kreatif namun terkadang terbatasnya kesempatan untuk melakukannya lah yang sering menjadi momok menakutkan bagi mereka dalam mengembangkan ide-ide  mereka.

Hal yang satu ini adalah yang tak kalah pentingnya, menciptakan suasana yang enak untuk dilihat mata dan nyaman bagi warga sekolah akan memberikan sumbangsi yang besar dalam upaya membangun sekolah dengan totalitas kerja dan kondusif.

Demikianlah tulisan kami yang masih sangat terbatas dan jauh dari kata benar ini, semoga bermanfaat bagi kita semua

dan bagi sobat yang tertarik dengan sekolah kami dapat dilihat atau dikunjungi di link di bawah ini;

Terima kasih



0 Response to "Membangun Totalitas dan Suasana Kondusif di Sekolah"

Post a Comment

Most Wanted

Featured post

Cara Membuat Deskripsi Nilai Raport K-13 Revisi 2017

Contoh Deskripsi Nilai Raport K-13 Revisi 2017 Sekilas Tentang Deskripsi Nilai Raport K-13 2017   Salah satu hal yang menj...